Cara Menangani Testis Bengkak (Orchitis) di Rumah

Orchitis ialah satu keadaan peradangan pada satu atau ke-2 testis pria, yang umumnya dikarenakan oleh infeksi virus atau bakteri. Sesaat sejumlah besar orchitis pada anak-anak dikarenakan oleh infeksi virus gondong (mumps) yang mengakibatkan testis abuh.

Cara Menangani Testis Bengkak


Orchitis yang dikarenakan oleh infeksi bakteri seringkali berkembang dari perubahan epididimitis, infeksi tabung yang membawa semen atau sperma keluar dari testis. Ini dimaksud epididymo-orchitis.

Siapa yang Beresiko Alami Orchitis?


Sejumlah besar orchitis gondong berlangsung pada pria prapubertas (kurang dari 10 tahun), sesaat sejumlah besar orchitis bakteri berlangsung pada pria yang aktif dengan seksual, atau pada pria yang berumur lebih dari 50 tahun dengan hipertrofi prostat jinak. Sebelum tahu bagaimana penyembuhan orchitis, terlebih dulu baca apa pemicu orchitis pada pria.

Pemicu Orchitis pada Pria


Dibandingkan orang dewasa, orchitis seringkali berlangsung pada anak-anak akibatnya karena infeksi virus. Beberapa penyabab orchitis salah satunya :

  1. Virus yang mengakibatkan gondong seringkali jadi pemicu orchitis.
  2. Seputar sepertiga dari anak lelaki akan alami orchitis karena infeksi gondong.
  3. Penyakit ini seringkali berlangsung pada pria, serta peradangan testis umumnya bertahan 4-6 hari sesudah munculnya gondong.
  4. Orchitis gondok bahkan juga diberitakan berlangsung sesudah melakukan imunisasi dengan vaksin gondong, campak, serta rubela (MMR), tapi ini jarang berlangsung.
  5. Organisme virus lainnya kurang umum yang bisa mengakibatkan orchitis ialah varicella, coxsackievirus, echovirus, serta cytomegalovirus (terkait dengan mononucleosis yang menyebar).

Lebih jarang, Kadang orchitis dikarenakan oleh infeksi bakteri. Sejumlah besar orchitis bakteri pada umumnya berlangsung karena perubahan serta penyebaran epididimitis (radang tabung melingkar dibagian belakang testis), baik dari penyakit menyebar seksual (PMS) atau dari infeksi kelenjar prostat atau aliran kemih. Keadaan ini dimaksud epididymo-orchitis.

  • Bakteri sebagai pemicu orchitis dari infeksi kelenjar prostat atau aliran kemih salah satunya Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Pseudomonas aeruginosa, serta spesies Staphylococcus serta Streptococcus.
  • Bakteri yang mengakibatkan penyakit menyebar seksual, seperti gonore, klamidia, serta sifilis, bisa mengakibatkan orchitis pada pria yang aktif dengan seksual, umumnya pada umur 19-35 tahun. Orang mungkin beresiko alami orchitis bila seringkali bertukar pasangan seksual, tingkah laku seksual beresiko tinggi, berhubungan seksual pasien PMS, atau bila orang itu mempunyai kisah PMS.

Pria yang mungkin beresiko alami orchitis non-seksual menyebar bila :

  1. Belumlah diimunisasi untuk gondong
  2. Seringkali alami infeksi aliran kemih
  3. Berumur lebih dari 45 tahun
  4. Seringkali menempatkan kateter (selang kecil untuk buang air kecil) ke kandung kemih


Cara Menyembuhkan Orchitis di Rumah


Penyembuhan orchitis yang alami dengan perawatan medis dengan pas di dalam rumah bisa dapat menolong menangani gejalanya.

  • Memakai obat bebas

Obat antiinflamasi nonsteroid yang dapat Anda temukan di apotek tiada resep dokter seperti ibuprofen (Advil atau Motrin) atau naproxen (Aleve) serta acetaminophen (Tylenol) yang bisa menolong menangani perasaan sakit. Obat-obatan ngilu narkotika bisa diresepkan oleh dokter bila ngilu yang kronis.

  • Gunakan celana dalam yang pas

Memakai celana dalam yang nyaman serta tidak ketat ialah langkah yang pas untuk menahan perasaan sakit pada testis abuh sebab orchitis.

  • Kompres es

Mengompres dengan es ke ruang skrotum bisa kurangi ketidaknyamanan, tersebut langkah mengompres dengan es pada tetsis abuh :

Es tidak bisa langsung dikompreskan ke kulit testis sebab bisa mengakibatkan luka membeku. Semestinya es mesti dibungkus dengan kain dan dikompreskan ke buah zakar abuh.
Kompres es bisa diaplikasikan saat 10-15 menit dalam satu waktu, seringkali satu hari saat 1-2 hari pertama. Langkah tersebut bisa menolong kurangi perasaan sakit pada testis abuh samping atau bahkan juga kedua-duanya.

Penyembuhan Orchtis Lainnya


Penyembuhan orchitis dengan medis bergantung pada pemicu infeksi yang mendasarinya, terutamanya apa dikarenakan bakteri atau organisme virus. Pasien orchitis bakteri atau epididymo-orchitis bakterial membutuhkan perlakuan dengan antibiotik untuk mengobati infeksi. Di bawah ini beberapa penyembuhan orchitis yang lain yang terpenting Anda lihat :

  • Memakai antibiotik

Umumnya pria yang orchitis bisa diobati dengan antibiotik di dalam rumah saat 10-14 hari. Perlakuan yang lebih lama peluang dibutuhkan bila kelenjar prostat pun ikut serta.

  • Perawatan di dalam rumah sakit

Bila pasien orchitis alami demam tinggi, muntah, sakit kronis, atau alami komplikasi serius, pasien mungkin butuh perawatan di dalam rumah sakit untuk memperoleh antibiotik IV.

  • Lakukan sex yang aman

Pria muda yang aktif dengan seksual butuh pastikan jika semua pasangan seksualnya mesti memperhatikan keamanan berhubungan seksual bila sebabnya sebab PMS. Mereka mesti memakai kondom ataukah tidak lakukan hubungan seks sampai semua penyembuhan dengan antibiotik tuntas serta bebas dari gejalanya.

  • Memakai antibiotik resep

Antibiotik yang diresepkan bergantung pada umur pasien penyakit orchitis serta pemicu infeksi bakteri yang mendasarinya. Antibiotik yang biasa dipakai seperti ceftriaxone (Rocephin), doxycycline (Vibramycin, Doryx), azithromycin (Zithromax) atau ciprofloxacin (Cipro).

Bila pemicu orchitis datang dari virus, mungkin antibiotik akan tidak diresepkan. Orchitis gondong biasanya akan sembuh saat 1-2 minggu. Pasien orchitis gondong mesti menyembuhkan tanda-tanda orchitis dengan penyembuhan di dalam rumah yang sudah dijelasakn diatas.

Seorang yang didiagnosis alami orchitis mesti selekasnya menanganinya dengan dokter untuk pastikan penambahan penyakit ini, serta untuk memperhatikan perubahan kekuatan komplikasi. Pederita orchitis spesifik kemungkinan membutuhkan referensi dengan pakar urologi. Apabila keadaan pasien orchitis lebih buruk, selekasnya hubungi dokter atau ke unit kritis darutat (UGD).

Cara Menghambat Orchitis


Di bawah ini beberapa langkah spesifik yang bisa Anda kerjakan untuk kurangi resiko alami orchitis, salah satunya :

  1. Memperoleh imunisasi gondong untuk menahan gondong orchitis.
  2. Tidak lakukan hubungan seks dalam keadaan beresiko tinggi saat pasangan mungkin tertular penyakit menyebar seksual (PMS). Jadi, pakailah kondom kurangi penyebaran PMS.
  3. Pria yang berumur lebih dari 50 tahun mesti periksakan kelenjar prostatnya.

Itu langkah menyembuhkan orchitis pada pria yang alami di dalam rumah ataupun dengan medis. Yuk, mulai saat ini jagalah kesehatan prostas Anda dengan lakukan pencegahannya, Rekan Sehat!